-->

Tutorial Root Xperia Z3 Docomo, Xperia Z3 dan Xperia Z3 dual Marsmallow 6.0.1 LB/UBL

Tutorial Root Xperia Z3 Docomo, Xperia Z3 dan Xperia Z3 dual Marsmallow 6.0.1 LB/UBL - Hallo sobat Jogja Android Blog, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul Tutorial Root Xperia Z3 Docomo, Xperia Z3 dan Xperia Z3 dual Marsmallow 6.0.1 LB/UBL, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Tutorial Root Xperia Z3 Docomo, Xperia Z3 dan Xperia Z3 dual Marsmallow 6.0.1 LB/UBL yang kami tulis ini dapat sobat Jogja Android Blog pahami. Baiklah, selamat membaca sambil menikmati kopi.

Sony Xperia Z3 dan Xperia Z3 Docomo merupakan salah satu smartphone yang di produksi oleh Sony sekaligus menjadi flagship nya pada tahun 2014. Pada saat tulisan ini dibuat harga Smarphone ini harganya sangat murah dalam keadaan yakni tidak mencapai angka 1 juta rupiah untuk versi jepangnya atau dikenal dengan versi docomo dan masih kisaran 1-1,5 juta rupiah untuk versi global dalam kondisi bekas. Karena menurunnya harga tersebut banyak sekali para pecinta gadget membeli smartphone ini. Selain harganya yang murah spesifikasi yang ditawarkan cukup tinggi tidak kalah dengan smartphone kekinian.

Namun, sangat disayangkan kenyataan tidak sesuai dengan ekspekstasi. Banyak sekali yang mengeluhkan bahwasannya Sony Xperia Z3 sangat panas ketika dipakai bermain game bahkan bisa menjadi setrikaan portable. Bukan hanya itu, yang lebih menjengkelkan lagi ketika membuka kamera suhu smarphone akan meningkat sangat cepat sehingga kamera akan menutup secara otomatis. Padahal nyatanya kamera Xperia Z3 ini sangat bagus sekali dipakai berfoto-foto. Sayangnya di balik keindahan kamera tersebut ada kelemahan yang tak bisa dimaafkan.



Para pengguna pun mencari-cari bagaimana solusi mengatasi permasalahan pada Xperia Z3 ini. Akhirnya, ia menumukan caranya yaitu dengan cara di root lalu mendisable thermal serta mengedit kernel agar CPU lebih terkontrol dan suhu pun tidak cepat meningkat.

Berdasarkan permasalahan diatas maka kita tahu fungsi root adalah kita dapat mengoprek sistem operasi sesuai dengan keinginan kita dengan aplikasi-aplikasi atau modul-modul tambahan yang membutuhkan akses root. Dengan adanya akses root maka kita dapat mengubah tampilan, menginstal custom rom, mengganti serta mengedit kernel, menginstal aplikasi spesial yang membutuhkan akses root dan lain-lain.

Pada postingan ini, xperiaedge akan membagikan tutorial bagaimana cara flash Sony Xperia Z3 Docomo dan Xperia Z3. Tutorial root ini hanya dapat diterapkan di firmware global marsmallow 6.0.1 dengan build 575 dan 291. Untuk tutorial root firmware Lollipop dan Kitkat akan kami bagikan di lain waktu. Tutorial root ini juga dapat di terapkan pada Xperia Z3 atau Xperia Z3 Docomo yang dalam keadaan Locked Bootloader dan Unlocked Bootloader.

Kami menyarankan agar melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu agar kernel dapat dioprek dengan leluasa. Untuk cek Xperia bisa di Unlock bootloader atau tidak sobat bisa dial *#*#7378423#*#* lalu cek opsi configuration. Jika status bootloader unlock allowed YES maka Xperia Z3 sobat bisa di Unlock Bootloader nya. Jika NO maka tidak bisa di Unlock tapi tetap bisa melakukan root dengan tutorial ini.

Bagi Xperia Z3 nya yang berada pada posisi Kitkat, Lollipop ataupun Xperia Z3 Docomo yang masih menggunakan firmware bawaan docomo dan tetap ingin menggunakan tutorial ini maka silahkan flash dulu tutorial flashing nya bisa cek Tutorial Flash Sony Xperia Z3 (D6603/D6653), Xperia Z3 Dual (D6633/D6683), dan Xperia Z3 Docomo (SO-01G) dengan Firmware global dan docomo.

Dan bagi sobat yang ingin meng-unlock bootloader bisa cek Cara Mudah Relock Bootloader dan Unlock Bootloader Sony Xperia via Flashtool

Mari kita langsung saja

Pra-root Xperia Z3, Xperia Z3 Dual, dan Xperia Z3 Docomo.


1. Siapkan PC dan Kabel USB

2. Download dan instal Flashtool beserta driver nya. Link download serta tutorial instalasi bisa cek di postingan kami sebelumnya Tutorial Lengkap Instal Sony Flashtool windows 7, windows 8, windows 10, dan Linux Ubuntu disini kami menggunakan flashtool versi 0.9.25

3. Download kernel, Khusus untuk Xperia Z3 varian D6603 dan D6653 (Xperia Z3 Docomo juga download yang ini, pastikan sudah flash firmware global) dengan build number (nomor bentukan) 23.5.A.0.291 jika Xperia Z3 sudah pada build number 23.5.A.0.575 abaikan langkah ini , Download D6603-6653_23.5.A.0.575_kernel.zip dan D6603-6653_23.5.A.0.291_kernel.zip sesudah di download ubah nama ekstensi kedua file zip menjadi ftf lalu pindahkan ke folder C;/users/nama_pc_sobat/.flashtool/firmwares

4. Download kernel, Khusus untuk Xperia Z3 Dual D6633 dengan build number (nomor bentukan) 23.5.A.0.291 jika Xperia Z3 dual sudah pada build number 23.5.A.0.575 abaikan langkah ini ,. Download D6633_23.5.A.0.575-kernel.zip dan D6633_23.5.A.1.291-kernel.zip sesudah di download ubah nama ekstensi kedua file zip menjadi ftf lalu pindahkan ke folder C;/users/nama_pc_sobat/.flashtool/firmwares

5. Aktifkan Opsi pengembang lalu aktifkan USB Debugging (debug USB). Untuk mengaktifkan opsi pengembang, buka pengaturan>tentang ponsel>nomor bentukan. Ketuk nomor bentukan 5-7x sehingga muncul pop up "sekarang anda seorang pengembang". Untuk mengaktifkan debug USB masuk pengaturan>opsi pengembang>aktifkan debug USB.

6. Download TWRP recovery Recovery_for_MM575-291v5.zip

7. Download Chainfire SuperSU.zip. Setelah di download pindahkan ke memori internal atau eksternal Xperia Z3.


Setelah mempersiapkan alat dan bahan di atas mari kita lanjutkan ke inti tutorial.

Tutorial Instal TWRP dan Root Sony Xperia Z3, Xperia Z3 Dual, dan Xperia Z3 Docomo.


PERHATIAN : Untuk Xperia Z3 build 23.5.A.0.575 abaikan langkah 1-5 dan 11

1. Buka Sony flashtool. Pada saat pertama kali membuka flashtool pastikan koneksi internet aktif agar device pada flashtool tersingkronisasi. Proses singkronisasi agak memakan waktu tergantung koneksi internet. Kuota internet yang termakan sekita 150-200 Mb

2. Klik logo petir atau logo flash pada sudut kiri atas flashtool. Lalu pilih flashmode. Maka jendela firmware selector akan terbuka.

3. Khusus Xperia Z3 D6653 dan D6603. Klik panah di sebelah kiri Xperia Z3, Klik panah disebelah kiri D6653 atau D6603. Klik panah kiri lagi disebelah kiri kernel only lalu pilih 23.5.A.0.575. Lalu klik flash.

4. Khusus Xperia Z3 Dual D6633. Klik panah di sebelah kiri Xperia Z3, Klik panah disebelah kiri D6633. Klik panah kiri lagi disebelah kiri kernel only lalu pilih 23.5.A.0.575. Lalu klik flash.

5. Akan muncul jendela pop up untuk mencolokkan Xperia. Matikan Xperia colokkan Xperia ke PC menggunakan kabel USB sambil menahan volume bawah. Flashing pun akan berjalan dan langsung selesai dengan cepat.

6. Sampai disini kita sudah berhasil flash kernel. Nyalakan Xperia. Tutup flashtool lalu restart PC.

7. Saatnya kita menginstal TWRP., Koneksikan Xperia ke PC dalam keadaan menyala.

8. Ekstrak file Recovery_for_MM575-291v5.zip ke satu folder.

9. Buka folder ekstrakan tadi lalu klik dua kali pada file install.bat . Jika ada notifikasi perizinan muncul di xperia.plih ya/izinkan. Xperia akan restart dengan sendirinya dan masuk ke TWRP.

10. Pada TWRP piliih instal lalu cari file Supersu.zip yang telah di download tadi. Ketuk pada SuperSU lalu swipe ke kanan untuk menginstal. Proses instalasi hanya sebentar saja. Jika suda done berarti Perangkat Xperia berhasil di root. Nyalakan xperia untuk membuktikannya. Silahkan cek apakah sudah ada aplikasi SupeSU.

11. Khusus yang menggunakan firmware marsmallow build 23.5.A.1.291 maka harus flash kernel kembali. tutorial flash kernel ulangi langkah 1-6 tapi pilih 23.5.A.1.291.

Sampai disini kita sudah berhasil root Sony Xperia Z3, Xperia Z3 Dual, dan Xperia Z3 Docomo. JIka terdapat kesilapan dalam penulisan atau pun banyak hal-hal yang masih sulit dimengerti, sobat bisa berkomentar di kolom yang xperiaedge sediakan dibawah.


Demikian Artikel dengan judul Tutorial Root Xperia Z3 Docomo, Xperia Z3 dan Xperia Z3 dual Marsmallow 6.0.1 LB/UBL

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat Jogja Android Blog semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Sobat Jogja Android Blog sekarang membaca artikel Tutorial Root Xperia Z3 Docomo, Xperia Z3 dan Xperia Z3 dual Marsmallow 6.0.1 LB/UBL dengan alamat link https://jogjandroidz.blogspot.com/2019/03/tutorial-root-xperia-z3-docomo-xperia.html

0 Response to "Tutorial Root Xperia Z3 Docomo, Xperia Z3 dan Xperia Z3 dual Marsmallow 6.0.1 LB/UBL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Artikel Terkait