-->

Cara Menjalankan Localhost di Termux

Cara Menjalankan Localhost di Termux - Hallo sobat Jogja Android Blog, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul Cara Menjalankan Localhost di Termux, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Cara Menjalankan Localhost di Termux yang kami tulis ini dapat sobat Jogja Android Blog pahami. Baiklah, selamat membaca sambil menikmati kopi.


Cara Menjalankan Localhost di Termux - Localhost merupakan sebutan bagi server lokal yang hanya bisa diakses oleh kita yang menjalankannya. Namun sebutan server lebih sering digunakan bagi komputer yang diakses oleh orang banyak melalui komputer lain.

Localhost sering digunakan untuk ujicoba website atau projek dengan bahasa pemrograman php, html, css, javascript, dll sebelum di upload ke host server (hosting), kita buat dulu sebuah "localhost" untuk menguji coba apakah ada yang error atau tidak.

Biasanya software untuk menjalankan localhost di komputer yang paling sering digunakan adalah XAMPP. Lalu bagaimana kalau menjalankan localhostnya di android?
Sebenarnya banyak aplikasi yang beredar serupa dengan XAMPP di play store. Tetapi di artikel kali ini saya ingin menshare tutorial bagaimana cara menjalankan localhost di termux android.

Saya berpikir membuat tutorial ini saat saya diberi tugas oleh guru menjalankan website di localhost dan disuruh mendownload aplikasi di play store namun penyimpanan saya tidak cukup jadi saya mencari artikel cara menjalankannya di termux dan akhirnya saya membuat artikel ini juga di blog saya:)

Oke berikut tutorialnya.

Cara Menjalankan Localhost di Termux Android

1. Buka termux kalian dan ketikkan perintah dibawah ini untuk menginstall package. (kalau nanti ada pilihan y/n ketik saja y)
pkg install mariadb apache 2

2. Jika sudah, selanjutnya masuk keprojek/tugas kalian yang ingin kalian jalankan menggunakan localhost. Contohnya lihat digambar dibawah, saya menyimpan tugas di penyimpanan internal folder tugasrpl2 

3. Selanjutnya kalian tinggal hubungkan localhost dengat ketikkan perintah. (Untuk portnya kalian bebas isi angka berapa saya. Port yang biasa saya gunakan adalah 8080)

php -S localhost:port

4.  Dan yang terakhir kalian tiggal buka browser kalian lalu ketikkan localhost:port (untuk port, masukkan port yang kalian ketik di termux tadi)

Untuk berhenti menjalankan localhostnya kalian tinggal ketik ctrl + c
Dan juga jika kalian ingin menjalankan localhost kembali, kalian tinggal ikuti dari step kedua tutorial diatas.
Cukup mudah bukan?

Penutup
Sekian artikel dari saya, semoga membantu ya.
Terima Kasih.

Tag: cara menjalankan local web di termux, cara menjalankan webserver di termux, cara menjalankan php di termux.

Demikian Artikel dengan judul Cara Menjalankan Localhost di Termux

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat Jogja Android Blog semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Sobat Jogja Android Blog sekarang membaca artikel Cara Menjalankan Localhost di Termux dengan alamat link https://jogjandroidz.blogspot.com/2021/01/cara-menjalankan-localhost-di-termux.html

0 Response to "Cara Menjalankan Localhost di Termux"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Artikel Terkait